Cara Aman Mengajari Anak Berenang

Meskipun belum menjadi kewajiban, tidak terdapat salahnya mengajari anak berenang sedini mungkin. Selain bisa menyehatkan mereka, olahraga ini pun membantu anak supaya tidak fobia pada air. Bahkan, tidak sedikit anak yang lantas menjadi ketagihan dan tidak inginkan berhenti.

Tapi, bagaimana teknik yang aman guna mengajari mereka berenang? Inilah studybahasainggris.com/ lima (5) teknik yang dapat diterapkan:

Pastikan mood kita sedang dalam situasi stabil.

Sama laksana mengajari anak mengerjakan hal lain, pekerjaan ini pun membutuhkan kesabaran. Apalagi, dapat saja anak guna kesatu kalinya merasa was-was sebab takut tenggelam. Buatlah mereka merasa senyaman barangkali dengan menemani mereka secara bertahap.

Kenalkan mereka dengan air secara bertahap.

Si kecil belum siap terjun ke empang renang? Tidak masalah. Mengajari anak berenang bisa bermula dari duduk di pinggir empang dulu. Ajak mereka bermain air dengan tangan dan mencelupkan kaki mereka.

Yang pasti, pilihlah empang yang dangkal dulu sebagai permulaan. Sesuaikan dengan umur dan tinggi badan anak. Bila anak telah siap, gandenglah mereka ketika masuk ke kolam. Mungkin mereka bakal merasa kaget dan menjerit sebab kedinginan. Biarkan mereka membudayakan diri dengan berlangsung di empang renang dulu.

Ajak anak untuk membudayakan diri dalam sekian banyak posisi di empang renang.

Bila anak telah mulai lebih percaya diri, ini saatnya menyuruh mereka guna mencoba sekian banyak posisi. Misalnya: mengapung dan tengkurap. Jangan lepaskan mereka dulu bila belum siap. Bahkan, kalian dapat kembali ke pinggir empang dulu. Biarkan anak berpegangan pada pinggir empang dan mengajar gerakan kaki mereka.

Untuk meminimalisir rasa fobia anak, mintalah mereka berpura-pura menjadi superhero atau pesawat terbang. Mereka bakal merentangkan tangan sembari tengkurap. Bila mereka hingga tertawa karenanya, berarti mereka telah merasa nyaman di empang renang.

Ajari mereka guna menyelam sedikit. (Hanya bila mereka telah siap.)

Bila anak tergolong pemberani, Anda dapat langsung mengajari mereka teknik menyelam. Tidak butuh langsung secara ekstrim. Anda dapat memulai dengan memberi mereka contoh. Pejamkan mata, kemudian benamkan wajah di air selama sejumlah detik. Setelah itu, tantanglah anak guna mencoba teknik yang sama.

Bila mereka langsung suka, berarti kita tidak butuh khawatir. Namun bila mereka belum merasa nyaman atau belum inginkan melakukannya, tidak boleh dipaksa. Mengajari anak berenang memang tidak dapat hanya sekali. Anda dapat melakukannya beda kali, ketika anak telah merasa lebih siap.

Ajari mereka guna belajar mengapung.

Setelah mereka lumayan berani menyelam, saatnya mengajari mereka mengapung. Mengapa urutannya laksana ini? Bila anak telah tidak fobia untuk menyelam, mengajari mereka mengapung seringkali lebih mudah.

Sumber : bahasainggris.co.id/