Selain juga, khawatir si anak menjadi sakit. Kekhawatiran orangtua inilah yang menjadi pemicu stres atau ketakutan orangtua. Dengan demikian boleh dibilang, perilaku makan anak tergolong perhatian utama dari orangtua. Masalah kakak-adik dan eksplorasi menempati posisi kedua. Permasalahan kakak-adik dan eksplorasi adalah universal dan umumnya dialami oleh kebanyakan keluarga. Apalagi bila anaknya masih di rentang usia balita, dimana anak belum memahami bagaimana cara menyayangi adiknya.

Bisa jadi ia ingin menunjukkan rasa sayangnya dengan memegang adiknya, ternyata adiknya malah menangis karena pegangan si kakak terlalu kuat. Alhasil, orangtua membingkai peristiwa itu sebagai kakak yang mengganggu adiknya hingga menangis. Demikian pula dengan perilaku eksplorasi yang membuat orangtua khawatir karena tidak adanya kesamaan pandangan antara orangtua dan anak. Permasalahan eksplorasi kebanyakan terjadi pada usia batita, karena setiap anak memang akan memasuki tahapan eksplorasi.

Jadi, boleh dibilang, ini adalah bagian dari tahapan tumbuh kembang yang bakal dilalui oleh semua anak dan wajar. Anak ingin mencoba semua hal karena ingin mengembangkan keterampilannya. Sementara orangtua memandangnya sebagai sesuatu yang membahayakan. Akibatnya, yang muncul adalah rasa khawatir atau takut orangtua ketika anaknya mulai melakukan aksi eksplorasinya. Permasalahan lain, yakni: tidur, mandi, dan toilet training membuat orangtua stres karena kesemuanya adalah aktivitas harian yang juga berhubungan dengan keseharian orangtua.

Ketika tidur, mandi, dan toilet training tidak mulus, tentunya akan membuat orangtua “susah”. Pasalnya, aktivitas orangtua pun jadi terganggu. Demikian pula dengan rewel dan mengamuk, cukup menjadi perhatian serius karena cukup merepotkan orangtua. Apalagi bila terjadi di tempat umum, tentunya akan jadi sangat merepotkan. Nah, berikut ini solusi dari pakar atas berbagai permasalahan yang terkait dengan ketujuh perilaku tersebut.

Pendidikan sejak dini merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh orangtua kepada si buah hati. Ajarkan anak peduli dan disiplin sejak dini agar terbiasa sampai mereka dewasa nanti. Untuk anak yang akan mengikuti tes IELTS berikan ia pelatihan di tempat persiapan IELTS terpercaya di Jakarta. sehingga anak dapat menyelesaikan semua soal tes dengan baik.