Masalah Kakak dan Adik

• Frieska Yuanita Desyana, ibunda Adip dan Alysha (16 bulan) “Adip suka ganggu adiknya yang lagi seneng-seneng-nya berjalan karena baru bisa.”

• Budiyati, ibunda Adinda dan Aninda (14 bulan) “Paling sebel kalau si kembar mulai berantem jambak-jambakan, berebutan mainan.”

• Afni Wijaya, ibunda Faiqha Rinjani Kriswijaya (3) “Tingkahnya ada aja semenjak punya adik, si kakak bikin jengkel terus sepertinya mencari perhatian.”

• Yessy Triana Sari, ibunda Dzacky Hawwas Hawwary Manurung (3,5) “Kalau Dzacky nakalin adiknya, si adik teriak-teriak sambil nangis sementara kerjaan di rumah belum pada kelar.”

• Ista Uli Marina, ibunda Ferris (6,6) dan Gavin (4,3) “Kedua jagoanku bertengkar dan tidak ada yang mau ngalah sampai main pukul-pukulan.”

• Suchi Indrawati, ibunda Aurora (3,5) dan Audree (2 bulan) “Si kakak gemes sama adiknya yang baru lahir: hidung, mata, ubun-ubun adiknya dipencetin. Trus, kalau ada tamu datang mau nengok adiknya suka diusir sambil bilang, ‘Adik gak main, sana pulang!’ Jadi malu sama ibu-ibu yang niat baik mau nengok malah enggak bisa masuk rumah, karena si kakak akan nangis kejer.”

• Erva Yunita, ibunda Salzy Yusuf Kanera (4,5) dan Khaidir Khan Kanera(1,5) “Paling kesel kalau kedua jagoanku berantem gara-gara rebutan mainan padahal sudah dibeliin yang sama. Apalagi si adik paling suka ambil mainan abangnya sehingga si abang pun nangis.”

Saran Pakar:

“Hubungan sosial kakak-adik menjadi tidak harmonis, bisa jadi karena ketidakpahaman si kakak memperlakukan adiknya. Kakak tidak mengetahui bagaimana menunjukkan rasa sayangnya kepada adiknya. Bisa jadi maksud si kakak membelai adiknya, tapi yang terjadi malah terlalu keras sentuhannya dan menyebabkan si adik menangis.

Hal senada juga mungkin terjadi ketika bermain bersama, bisa jadi kakak yang belum diberikan pengertian tentang aturan meminjam barang milik orang lain, tidak paham bahwa ketika menginginkan mainan milik orang lain (adiknya), ada tata-caranya, tidak asal rebut saja.

Agar anak memiliki kesibukan lain daripada harus bertengkar dengan saudaranya berikan mereka les bahasa asing di kursus bahasa Jerman di Bandung yang terbaik. Sehingga energi dan waktu mereka bisa dialihkan ke hal yang lebih positif.