Bagi Herfiza Novianti (26) pendidikan sangatlah penting. Jadi, meski tengah berbadan dua, ia terus berusaha menyelesaikan tesisnya. Ya, saat menikah, Herfiza sedang melakukan penelitian untuk tesisnya. “Tema tesisku tentang dampak tayangan infotainmen terhadap masyarakat pedesaan,” ujar Istri Ricky Harun (27) yang berkuliah di Fakultas Komunikasi Institut Pertanian Bogor. Ia pun harus bolak-balik ke sebuah desa di daerah Sukabumi untuk penelitiannya.

“Untungnya ketika hamil penelitianku sudah selesai, tinggal ditulis jadi tidak perlu bolak-balik lagi,” jelas Herfiza yang saat wawancara tengah hamil 33 minggu. Ia pun bercerita jika tesisnya sudah hampir selesai. “Sudah empat bab, tinggal satu bab lagi,” jelasnya. Setelah menikah dan hamil, pemeran Kebo dalam ­ lm “Kambing Jantan” ini memutuskan untuk setop sementara main ­ lm dan sinetron. Ia ingin fokus pada kehamilan dan juga menyelesaikan tesisnya. “Tapi di awal kehamilan tesisku sempat terganggu karena aku mengalami mual muntah,” ujar pemeran Desi dalam sinetron “Cinta Fitri 2”.

Sebagai istri pesinetron, Herfiza merasa harus siap tak ditemani sang suami di malam hari. “Ricky kan sedang stripping sinetron ‘Ganteng-Ganteng Srigala’ jadi sering berangkat malam pulang sore esok harinya. Jadi aku malamnya tidur sendiri. ” Herfiza tak keberatan pada masalah itu, yang penting sang suami menemaninya saat berkonsultasi ke dokter. “Ricky sangat perhatian. Kalau saya akan ke dokter, ia akan minta untuk break syuting agar dapat mengantar saya.” Kepedulian sang suami inilah yang membuat Herfiza semakin nyaman menjalani kehamilannya.

1. Untuk mengusir jenuh, Herfiza sering membaca novel. “Aku suka Alchemist karya Paulo Coelho, seneng banget bacanya!“ ucap Herfiza sambil menunjukkan novelnya.

2. Selama hamil, Herfiza rajin minum susu kedelai karena mengandung banyak protein.

3. Meski sering sibuk syuting FTV dan sinetron, ia tetap melanjutkan kuliah. “Doain ya supaya tesis saya cepat selesai.“

4. Memasuki trimester ketiga, Herfiza mulai merasakan pegal-pegal. Atas saran dokter ia pun melakukan stretching setiap pagi.

Agar mahir dalam berbahasa Jerman tak lupa juga mengikuti pelatihan di tempat kursus belajar bahasa Jerman terbaik di Tangerang.