Sekarang ini liburan keluar negeri tidak semahal di jaman dahulu, sebetulnya kalau kita amati yang menyebabkan berlibur keluar negeri terasa mahal ada 2 hal yaitu tiket pesawat dan penginapan/hotel. jaman dulu pilihan maskapai dan penginapan tidak banyak seperti sekarang ini. Namun sekarang ini dengan banyak hadirnya maskapai jenis LCC /low cost carrier/ Maskapai penerbangan berbiaya murah seperti air asia, cebu dll, tiket untuk bepergian keluar negeri pun menjadi jauh lebih murah, demikan pula dengan penginapan, dengan hadirnya penginapan jenis hostel,airbnb biaya menginap di negeri tujuan pun bisa semakin ditekan.

Namun walaupun sekarang ini tiket dan penginapan semakin murah masih ada sebagian orang enggan untuk mencoba berlibur ke luar negeri, walaupun mereka mempunyai dana dan keinginan, biasanya alasannya klasik karena takut ke negeri orang, tidak bisa bahasa mereka, dll.

Nah bagi anda yang ingin bepergian keluar negeri terkendala biaya ada Bahasa, Sekarang tidak perlu khawatir, berikut ini kami berikan tips murah berlibur keluar negeri secara mandiri.

Jika anda tipe orang yang suka terima beres, yang penting saya mau jalan-jalan keluar negeri, biar semuanya ada yang mengatur, maka menggunakan biro perjalanan wisata keluar negeri adalah pilihan yang tepat, biasanya mereka mempunyai sejumlah paket-paket wisata anda tinggal memilih yang sesuai dengan selera, kekuranganya adalah biaya yang jauh lebih mahal dan anda tidak bisa bebas, karena dengan menggunakan agen wisata ada bepergian secara rombongan dengan kelompok lainnya.

Atau jika menggunakan agen perjalanan wisata terlalu mahal, alternative lain anda bisa menyewa guide, sekarang ini banyak sekali jasa freelance tour guide untuk wisata ke luar negeri, tips untuk lebih menghemat lagi anda bisa mengajak soudara atau teman sehingga biaya untuk membayar jasa tour guidenya menjadi lebih murah, nanti biasanya tour guidenya akan mengatur perjalanan anda dari berangkat  s/d pulang kembali ketanah air.

Salah satu hal yang membedakan menggunakan jasa tour guide atau menggunakan agen perjalanan wisata adalah, waktu dan obyek wisata yang lebih fleksibel, tour guide / pemandu wisata nanti akan menyusun rencana perjalanan wisata berdasar permintaan dari anda, berbeda dengan agen wisata yang biasanya sudah mempunyai paket-paket wisata yang tidak bisa di ubah-ubah.

Bagi anda yang mempunyai jiwa petualang atau ingin bebas dalam berwisata, anda bisa mencoba berwisata mandiri tanpa menggunakan guide atau agen wisata, untuk menekan budget anda bisa berwisata keluar negeri dengan konsep ala backpacker.

Secara gampangnya konsep backpacker bisa diartikan berlibur dengan dana yang minim tapi dengan kepuasan yang maksimal. Hal yang perlu diperhatikan jika ingin berlibur ala backpacker adalah yang pertama kali anda lakukan adalah menentukan negara tujuan wisata, dan menyusun rencana perjalanan anda atau sering disebut itinerary.

Memang terkesan ribet karena harus menyusun rencana perjalanan seperti berburu tiket murah, mencari penginapan murah yang nyaman dan startegis, memikirkan transportasi apa yang nanti akan dipakai dinegara tujuan, tempat makan mana saja yang nanti akan dikunjungi selama traveling dll, namun disitulah keasikan liburan ala backpacker kita bebas mau kemana aja, naik apa saja, tanpa harus tergantung dengan orang lain misalnya guide atau anggota lain jika menggunakan agen perjalanan wisata.

Dengan perkembangan teknologi dan derasnya arus informasi sekarang ini kitapun tidak akan kesusahan untuk menyusun semua rencana perjalanan itu secara mandiri. Di internet maupun disosial media sudah banyak bertebaran orang-orang berbagi informasi tentang tips perjalananan mereka, kita tinggal menyesuaikannya saja.

Salah satu rekomendasi negara yang bisa anda datangi untuk pertama kali adalah liburan ke kuala lumpur, Malaysia, anda bisa mencoba berlibur ala backpacker ke KL karena pertimbangan utamanya adalah Bahasa yang sama yaitu Bahasa melayu, adat istiadat juga sama, biasa penginapan dan makan yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, dan yang paling penting sekarang ini banyak sekali jalur penerbangan langsung dari Indonesia menuju Kuala Lumpur Malaysia, ditambah lagi beberapa maskapai sering memberikan tiket promo penerbangan yang menuju KL