Tahu silica gel atau gel silika kan? Itu lho, butiran bening yang biasanya ditempatkan dalam sachetkecil yang bisa kamu temukan di dalam barang yang kamu beli. Biasanya kamu akan menemukan di dalam tas, sepatu, dompet bahkan makanan ringan yang renyah. Ya, gel silika memang bertujuan utama untuk menyerap kelembaban agar sekitarnya tetap dalam keadaan kering. Berangkat dari tujuan tersebut, ini 5 manfaat gel silika yang bisa langsung kamu terapkan!

Menyelamatkan ponselmu yang basah

Apakah kamu baru menjatuhkan ponselmu ke dalam air? Tahukah kamu bahwa merendamnya di dalam beras adalah cara yang sudah terbilang cukup kuno. Ternyata gel silika itu jauh lebih efektif dalam menyerap kelembaban. Pastikan ponselmu dalam keadaan mati dan masukkan ke dalam wadah berisi penuh dengan gel silika, kemudian biarkan semalaman. Paginya kamu akan menemukan ponselmu dalam keadaan benar-benar kering.

Membuat kaca kendaraanmu gak berembun

Kamu gak perlu lagi membersihkan atau menunggu kaca mobilmu untuk jernih kembali dari embun sebagai akibat hujan deras atau diparkir di daerah dingin semalaman. Kamu bisa menaruh beberapa sachetgel silika di dalam mobil, di bawah kacanya untuk menyerap semua kelembaban yang menyebabkannya berembun. Hasilnya kaca mobilmu akan tetap kering dan jernih tanpa peduli bagaimana pun cuacanya.

Meningkatkan umur pakai alat cukurmu

Semua orang yang rajin bercukur pasti tahu bahwa kelembaban adalah musuh nomor satu pisau atau silet pada alat cukur. Dalam keadaan lembab, alat cukur akan dengan cepat tumpul dan gak bekerja optimal. Sehingga sebaiknya kamu menyimpan alat cukurmu dalam wadah kedap udara, sekalian sertakan beberapa sachetgel silika di dalamnya. Alhasil, alat cukurmu akan tetap tajam dengan mantap dalam waktu lebih lama.

Membuat tas olahraga, tas gymatau tas mandimu tetap dalam keaadan yang baik dan segar

Tas-tas tersebut sudah sewajarnya memang agak lembab dan bahkan dipenuhi bau keringat. Jangan heran bila lama kelamaan tas tersebut akan tumbuh jamur atau dipenuhi makin banyak bakteri. Nah, gel silika bisa mengatasi itu lho! Taruh saja beberapa sachetdi dalamnya. Bukan hanya akan menghindarkan tasmu dari perjamuran atau perkumanan, tapi juga bisa menjaganya agar gak bau.

Melindungi foto-foto, buku ataupun dokumen lamamu

Meskipun sekarang sudah era digital, di mana semua foto, buku ataupun dokumen sudah dalam bentuk file, tetap saja ada lembaran konvensional yang masih berharga. Biasanya kita menyimpan berbagai berkas lama itu di tempat yang berdebu sekaligus lembab. Sehingga berkas tersebut cenderung akan saling menempel satu sama lain dan sobek jika dipisahkan. Masukkan saja berkas-berkas berharga tersebut ke dalam sebuah kotak, sertakan juga beberapa sachetgel silika untuk membuatnya awet, kering dan tetap dalam kondisi baik.

Sekarang sudah tahu alasannya kan kenapa kamu jangan langsung membuang gel silika yang kamu temukan di dalam barang barumu. Jadi, manfaatkan betul-betul ya. Oh iya, kalau kamu kekurangan gel silika bekas dari barang barumu, kamu bisa membeli sekumpulannya secara terpisah kok. Sudah ada beberapa tempat perbelanjaan yang menjual gel silika ini dalam jumlah banyak.