Ketika sedang mengandung tentu saja wanita membutuhkan jumlah nutrisi yang berbeda. Hal tersebut karena bukan hanya ia saja yang membutuhkan nutrisi dan harus mencukupi nutrisi untuk ibu hamil dan juga janinnya. Oleh karena itulah sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter kandungan agar ibu hamil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup saat kehamilan. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan karena apabila kekurangan nutrisi akan dapat untuk mendapatkan efek samping yang buruk baik itu hamil, kehamilan, dan juga janin. Oleh karena itulah untuk mencegah hal tersebut maka penting untuk mencukupi nutrisi ibu hamil seperti 6 jenis nutrisi di bawah ini:


 
Karbohidrat
Nutrisi pertama yang tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil tetapi orang pada umumnya adalah mengkonsumsi karbohidrat yang cukup. Karbohidrat merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bisa mendapatkannya dari berbagai macam bahan yaitu makanan yang mengandung zat tepung seperti dari nasi, pasta, dan juga roti. Ibu hamil sendiri membutuhkan nutrisi karbohidrat hingga 10 porsi setiap harinya. Karbohidrat tersebut nantinya akan diubah menjadi energi dan mempunyai manfaat baik untuk dapat menjaga kehamilan dan memaksimalkan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Apabila kurang karbohidrat, ibu hamil dapat melahirkan bayi cacat. Sehingga akan lebih baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi karbohidrat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan sebaiknya hindari untuk melakukan diet karbohidrat.
 
Protein
Jenis nutrisi selanjutnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah protein. Ibu hamil membutuhkan nutrisi protein sebanyak 40 hingga 70 gram setiap harinya. Adapun untuk mendapatkan nutrisi ini juga sangat mudah karena bisa mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang mengandung protein. Seperti misalnya dengan mengkonsumsi telur matang, telur, tahu, susu, kepiting, kacang-kacangan, dan juga lainnya. Hal yang harus diperhatikan adalah ibu hamil bisa memilih protein dari jenis yang berbeda sehingga dapat untuk menghindari kejenuhan.
 
Zat besi
Pilihan nutrisi lainnya yang dapat untuk bermanfaat bagi ibu hamil adalah zat besi. Fungsi dari nutrisi yang satu ini adalah dapat untuk membentuk hemoglobin sehingga dapat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ibu hamil membutuhkan zat besi setiap harinya dan bisa didapatkan dari mengonsumsi berbagai makanan seperti telur, kacang-kacangan, sayur hijau, ikan, dan juga daging tanpa lemak.
 
Asam folat
Jenis nutrisi selanjutnya adalah asam folat yang sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil mulai kehamilan usia 12 minggu. Ibu hamil perlu untuk mengkonsumsi asal folat sebanyak 400 mcg setiap harinya dan bisa didapatkan dari banyak bahan makanan. Misalnya saja kandungan ini bisa didapatkan dari pepaya, alpukat, kacang-kacangan, bayam, brokoli, dan berbagai sayur dan buah lainnya.
 
Serat
Nutrisi selanjutnya yang dapat dikonsumsi adalah serat. Ibu hamil sering mengalami kondisi sembelit ketika sedang hamil, oleh karena itulah untuk mencegah terjadi hal yang lebih parah maka sebaiknya konsumsi serat yang cukup. Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi serat merupakan cara yang paling mudah untuk mengkonsumsi serat. Atau ibu hamil juga bisa untuk mengkonsumsi vitamin yang diresepkan dokter sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kalsium
Dan jenis nutrisi ibu hamil selanjutnya yang penting untuk dikonsumsi adalah kalsium. Jenis ini sangat penting dan bisa didapatkan dengan mengonsumsi tiga gelas susu setiap harinya. Selain susu ibu hamil juga bisa mengonsumsi yoghurt untuk dapat mencukupi kebutuhan kalsium perhari. Jus jeruk dan juga sarden merupakan pilihan lainnya yang kaya akan kalsium.