Peranti adalah alat kecil yang digunakan untuk menunjang mesin kerja tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari banyak terdapat jenis peranti yang digunakan untuk berbagai hal. Contoh peranti yang sering digunakan untuk kegiatan yang dengan bahan keramik adalah peranti mata bor kemarmik atau. Mata bor keramik adalah jenis mata bor yang banyak digunakan untuk menunjang kegiatan pertukangan atau pembuatan keramik. Yang namanya mata bor tentu saja berfungsi untuk menghasilkan lubang atau ukiran pada bahan kerja. Mata bor keramik memiliki bentuk kepala yang berbeda dari mata bor biasanya, jika kebanyakan mata bor berbentuk lurus dengan bagian hingga sisi dibuat spiral maka mata bor keramik memiliki bentuk kepala yang cukup unik.

Untuk mengenal lebih dekat mengenai mata bor keramik, ada baiknya jika terlebih dahulu kita memahami fungsi dari mata bor keramik tersebut. Uniknya bentuk kepala mata bor tentu membuat kita bertanya-tanya akan fungsi mata bor keramik tersebut. Apalagi jenis kepala mata bor keramik juga beraneka ragam. Bentuknya yang berbeda ternyata juga membuat fungsi mata bor keramik berbeda. Berikut adalah ulasan mengenai jenis dan fungsi mata bor keramik dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mata Bor Keramik Holesaw

Mata bor keramik holesaw merupakan mata bor yang berfungsi untuk menghasilkan lubang pada material sepeti batu, kaca, keramik, marmer, poerselen, dan granit. Cara penggunaan mata bor keramik yang dianjurkan adalah selalu menggunakan air sebagai lubrikasi pengobaran. Hal ini untuk mengurangi panas akibat terjadinya gesekan pada saat melakukan cutting. Mata bor keramik holesaw mempunyai tekstur material yang tebal. Mata bor jenis ini dapat diaplikasikan bersama dengan mesin bor duduk ataupun bor tangan.  

  • Mata Bor Keramik Marble Drill

Mata bor keramik marble drill atau yang biasa disebut mata bor berfungsi untuk melubangi material seperti batu, kaca, PVC, plastic fiber, dan lainnya. Umumnya material yang dipotong dengan menggunakan mata bor keramik marble drill memiliki tekstur bahan yang lunak dan rapuh. Mata bor jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk membuat lubang atau ukiran pada kerajinan kayu atau bahan kerja lainnya. Hasil lubang atau ukiran biasanya lebih akuran dan presisi, terutama jika diaplikasi pada bahan seperti marmer , keramik, dan kaca. Mata bor ini dapat diaplikasikan bersama mesin bor. Performa yang dihasilkan dari mata bor keramik marble drill memiliki daya tahan yang lama.

  • Mata Bor Keramik Drill Mounted Point

Mata bor keramik Drill Mounted Point adalah jenis mata bor keramik dengan kualitas yang professional. Jenis mata bor keramik ini memiliki bagian kepala yang kuat dengan dilapisi oleh partikel berlian. Kamu dapat menggunakan mata bor keramik drill mounted point untuk memotong, mengukir, melubangi, dan melakukan touch up sekaligus finisihing pada bahan kerja yang tersedia. Bahan kerja yang dianjurkan adalah kayu, batu giok, keramik, kaca, baja yang telah dikeraskan, kemudian batu dan bahan material keras lainnya.

Terdapat banyak kegunaan dari mata bor keramik yang dapat kamu manfaatkan. Pertama dapat digunakan untuk menghasilkan lubang kecil pada bahan kerja dengan material yang rentan pecah seperti kaca dan keramik. Selain itu mata bor keramik juga banyak digunakan untuk membuat ukiran ukiran pada permukaan bahan kerja keramik dan juga kaca.

Setelah mengetahui fungsi mata bor keramik, sekarang kita jadi lebih mantap dalam menentukan jenis mata bor keramik seperti apa yang kita butuhkan untuk bahan kerja kita. Mata bor keramik saat ini sangat mudah didapatkan memalui toko-toko bangunan atau pertukangan, bahkan kamu dapat dengan mudah membeli mata bor keramik melalui situs penjualan online. Sebelum membeli mata bor keramik pastikan terlebih dahulu jenis cutting seperti apa yang dibutuhkan oleh bahan kerja kamu. Jangan sampai merugi hanya karena salah membeli jenis mata bor keramik.

Kami akan memberikan informasi mengenai estimasi harga jual dari mata bor keramik di pasaran. Harga dibawah ini adalah perkiraan, mungkin anda dapat menemukan harga yang sedikit lebih murah atau lebih mahal dari yang kami infromasikan. Namun anda dapat menjadikan Informasi ini sebagai tolak ukur untuk anda membeli mata bor keramik nantinya. Berikut adalah estimasi harga mata bor keramik :

  1. Mata Bor Keramik Holesaw

Mata bor keramik holesaw banyak dijual dalam bentuk set, artinya dijual dalam jumlah yang banyak dalam bentuk paket. Satu set mata bor keramik holesaw berisi lime belas pieces mata bor dengan berbagai macam ukuran dan jenis mata bor keramik. Ukuran yang tersedia adalah dari 6 mm hingga berukuran 50 mm. Harga yang ditawarkan pun beranerka ragam tergantung kualitas mata bor keramik yang dijual. Untuk estimasi harga satu set mata bor kerami holesaw berkisar dintara Rp 115.000 hingga Rp 130.000.

  • Mata bor Keramik Marble Drill

Mata bor keramik marble drill berguna untuk membuat lubang atau ukiran pada bahan yang lunak. Ukurannya cukup besar sehingga lebih sering dijual persatun. Mata bor ini terbuat dari materal HSS yang berkualitas dengan lapisan bit berlian pada kepalanya. Umumnya harga mata bor keramik marble drill adalah Rp 75.000 per satuannya.

  • Mata Bor Keramik Drill Mounted Point

Mata bor keramik drill mounted point umumnya dijual dalam satu paket mata bor. Satu set mata bor tersebut berisi tiga puluh jenis mata bor dengan varian bentuk dan fungsi. Ukuran mata bor keramik drill mounted point adalah 3 mm. Satu set mata bor keramik drill mounted point umumnya dijual dengan harga Rp 125.000 hingga 150.000.

Mata bor memang mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk perkerjaan yang berat saja, tapi juga untuk kebutuhan mendesak dalam rumah tangga. Seperti membuat gantungan pada dinding kamar mandi yang berlapis keramik tentu saja tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan mesin mata bor.

Penggunaan mesin bor pun relative mudah dan aman untuk digunakan oleh orang dewasa. Walaupun begitu, penggunaan mesin bor tetap harus berhati-hati untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan. Bagian paling penting dalam penggunaan mesin bor adalah memastikan bahwa mata yang digunakan sudah terpasang  dengan kuat pada mesin bor. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terlepasnya mata bor dari mesin bor tersebut, dan perlu berhati hati saat menggunakan mesin bor. Pastikan untuk menggunakan mata bor yang benar untuk bahan kerja kamu, pastikan material pembuat mata bor lebih kuat daripada material bahan kerja kamu. Informasi mengenai fungsi alat potong atau cutting tools sangat penting untuk diketahui, apalagi untuk pekerja yang bekerja dibagian teknisi dan pertukangan. Banyaknya kesalahan karena tidak mengetahui fungsi dan jenis cutting tools dapat membuat pekerjaan kamu menjadi sulit. Semoga informasi seputar mata bor keramik ini berguna.

untuk informasi jenis jenis mata bor dapat langsung di cek di gofir.co.id ya!