Cara Membuat Keripik Wortel – Tahukah Anda Keripik Wortel? Mungkin makanan ini masih belum terlalu akrab bagi sebagian orang.

Wortel telah dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin. Tetapi wortel lebih sering diolah menjadi sup, tumis, atau jus biasa. Kali ini, ada inovasi baru dalam mengolah wortel.

Wortel yang kaya nutrisi akan diolah menjadi camilan sehat dalam bentuk keripik. Bagi Anda yang merasa penasaran, silakan merujuk artikel ini sampai akhir.

Cara Membuat Keripik Wortel

Bahan untuk Keripik Wortel:

  •     Wortel sebanyak 1 kg (bisa anda potong menggunakan alat pemotong kentang)
  •     1 ons garam
  •     ½ ons bawang putih (kupas menggunakan mesin pengupas bawang)
  •     Bawang merah sebanyak ½ ons
  •     Penyedapnya mencapai 20 gram
  •     50 gram gula
  •     1 kg tepung
  •     Ketumbar secukupnya

Langkah-langkah untuk Membuat Keripik Wortel:

  1.     Wortel yang sudah dicuci dikupas.
  2.     Setelah dikupas dan dicuci, wortel kemudian direbus hingga lunak. Setelah itu tiriskan.
  3.     Wortel yang sudah direbus kemudian ditumbuk hingga halus. Agar lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskan wortel seperti bubur.
  4.     Campur semua bumbu , wortel, dan tepung hingga rata.
  5.     Keripik yang sudah dicampur merata kemudian dikukus sekitar 1 jam. Setelah matang, keluarkan adonan lalu dinginkan selama 24 jam sampai adonan mengeras.
  6.     Selanjutnya, potong adonan yang dikeraskan dengan ketebalan 1-2 mili sehingga tidak terlalu keras dan bisa mengembang sempurna saat digoreng.
  7.     Adonan yang telah dipotong kemudian dijemur hingga kering sepenuhnya.
  8.     Keripik wortel goreng kemudian dijadikan camilan sehat untuk keluarga.

Kandungan Gizi Wortel

Menurut Departemen Pertanian Amerika, wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai penyajian. Satu porsi wortel memiliki 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

1. Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah makanan terkaya dalam vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari.

2. Antioksidan

Sayuran ini mengandung antioksidan beta-karoten yang membuat wortel memiliki warna oranye cerah. Beta-karoten diserap di usus dan dikonversi menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Selain bergizi tinggi, tentu saja wortel juga merupakan sumber kesehatan yang dapat diandalkan, apa manfaatnya?

Manfaat Kesehatan dari Wortel

1. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya akan beta-karoten (vitamin A), nutrisi penting yang dibutuhkan oleh mata. Senyawa ini tidak dapat menyembuhkan kebutaan, tetapi dapat memperbaiki kondisi mata karena kekurangan vitamin A. Sifat antioksidannya dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang sering menyerang lansia.

2. Menurunkan Kolesterol

Mereka yang makan wortel 5 kali seminggu, mengurangi risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui bahwa vitamin A yang terkandung dalam wortel dapat mencegah kecacatan dan kematian akibat stroke.

Diperkirakan penurunan kadar kolesterol disebabkan kandungan kalsium pektat, sejenis serat larut

3. Cegah Kambuhnya Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh Marilyn Menkes, Ph.D di Universitas Negeri New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar beta-karoten berisiko terkena kanker paru-paru. Dan dengan mengkonsumsi wortel ini dapa mencegah kambuhnya kanker.

4. Hindari kanker payudara

Mengapa konsumsi wortel dapat menghindari kanker yang berbeda. Itulah fungsi dan manfaat wortel. Kanker payudara dapat dikurangi 17-18% karena wortel mengandung banyak karbohidrat dan juga fosfor.

Dengan begitu jaringan yang bisa mengikat payudara yang berbahaya, bisa berkurang dan bahkan larut. Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur, terutama untuk wanita. Konsumsi wortel sebagai jus setiap hari tanpa gula, dan bisa diganti dengan madu.

5. Mengurangi risiko kanker usus besar

Kanker usus besar adalah kanker yang berbahaya. Karena itu menyerang organ vital dalam sistem pencernaan yaitu usus besar.

Kanker usus besar dapat dicegah dengan wortel yang mengandung bahan-bahan seperti falcarinol dan falcarindol. Untuk itu, kanker usus besar bisa dihindari jika Anda mengonsumsi wortel secara teratur.

Mudah dan sederhana, jadi jika Anda ingin membuat keripik wortel di rumah, Anda pasti bisa membuatnya. Nah, agar keripik wortel yang telah dimasak tidak mudah lamban dan tetap renyah Anda bisa menempatkan keripik wortel ini dalam wadah tertutup. Demikianlah cara membuat keripik wortel semoga mampu memberikan manfaat bagi mereka yang ingin membuatnya di rumah. Terima kasih