Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat pindang ikan yang paling lezat dan lezat. Pindang adalah ikan laut yang direbus terlebih dahulu, dimasak dan hangus sebelum dipasarkan. Rasanya yang tidak terlalu asin dan gurih, membuat banyak telur digunakan sebagai bahan untuk memasak sehari-hari oleh kebanyakan orang.

Cara Membuat Pindang Ikan

Umumnya orang hanya memasak rebus dengan cara sederhana yaitu digoreng, kemudian dimakan dengan nasi hangat dan sambal. Panen memang enak, tetapi jika Anda memvariasikannya dengan pengolahan, dijamin akan lebih padat dan enak.

Bahan :

  •     500 gram ikan rebus
  •     Tebal 2 cm lengkuas atau diiris tipis
  •     5 Daun lemabar dan jeruk purut
  •     250 santan kental (gunakan mesin peras santan)
  •     1 Sendok pasir sendok teh
  •     Garam secukupnya
  •     1 Pegang daun kemangi
  •     Minyak Goreng secukupnya

Bahan yang diiris :

  •     3 Cabai merah atau hijau diiris tipis
  •     6 iris buah cabai jiga tipis
  •     6 siung bawang (gunakan mesin perajang bawang)
  •     3 siung bawang putih

Cara Membuat Pindang Santan :

  1.     Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis pind hingga kering dan berubah warna menjadi cokelat. Tiriskan dengan baik
  2.     Panaskan minyak untuk tumis, tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Aduk sampai bawang dan bawang putih harum
  3.     Tambahkan lengkuas, daun jeruk purut dan irisan cabai, tumis sambil diaduk sampai layu. Tambahkan garam secukupnya
  4.     Lalu tambahkan santan matang ke api mendidih. Aduk agar santan tidak pecah
  5.     Masukkan pindang goreng, aduk rata agar tidak hancur. Masak sampai santan mendidih lagi
  6.     Tambahkan gula secukupnya
  7.     Masak area tersebut sampai matang
  8.     Hapus porsi dan taburi dengan daun kemagi

Manfaat Ikan Pindang untuk Kesehatan

Ikan. Siapa yang kau kenal lauk pauk ini? banyaknya manfaat yang kita dapatkan dari ikan ini dan tentunya manfaat yang berbeda dari lauk lainnya. Menjadikan ikan sebagai lauk adalah salah satu yang populer dan senang ditemukan. Untungnya, kita hidup di Indonesia, yang dikenal sebagai negara naritim.

yang berarti bahwa sebagian besar negara kita didominasi oleh laut dan kita bisa mendapatkan ikan dengan mudah. Ikan itu sendiri dapat dibagi menjadi dua yaitu; ikan segar dan ikan laut.

1. Kandungan Protein Tinggi

Salah satu alasan mengapa ikan rebus menjadi favorit masyarakat adalah kandungan protein yang tinggi dalam Islam. Apa yang kita dapat dari hal ini? Jangan salah, manfaat protein banyak untuk kesehatan kita, salah satunya adalah mengurangi depresi, terutama pada wanita hamil.

Seperti yang kita ketahui, mood ibu hamil sangat tidak terkendali dan kecenderungan mengalami depresi, dan masalah ini dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan ibu hamil dengan protein yang baik, terutama pada trimester pertama. Pemenuhan kebutuhan protein juga berfungsi untuk meminimalkan risiko wanita yang lelah.

2. Minimalkan Risiko Anemia

Siapa yang tidak kenal anemia? Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan hemoglibin karena kerusakan sel darah merah. Apa konsekuensi dari penyakit ini? Kita akan kekurangan energi untuk mengalami aktivitas sehari-hari dan akan menjadi lemah, pucat, lelah, dan bahkan sesak napas.

Untungnya, kita tidak perlu khawatir tentang apa solusi yang tepat untuk masalah ini karena berbagai zat dalam ikan dapat meregenerasi sel darah merah, yang berarti meminimalkan risiko anemia.

3. Pertahankan Suasana Positif pada Diri

Siapa yang ingin mengalami suasana hati yang buruk sepanjang hari? Suasana hati yang buruk adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari dari kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti keadaan yang mengganggu atau adanya hal-hal yang membuat kita kecewa. Lalu bagaimana dengan penjelasan ilmiahnya?

Agar suasana hati kita tetap positif, kita membutuhkan kadar hormon sertonin yang seimbang dan untuk mencegah kita dari depresi. Sekarang kita juga bisa mendapatkan manfaat yang satu ini dari makan ikan rebus dengan hormon serotonin tinggi di dalamnya.

4. Mengoptimalkan Kinerja Dopamin

Siapa yang tidak kenal dengan dopamin? Bagi kita yang tidak mengerti ilmu alam, tentu saja istilah ini cukup asing. Dopamin adalah neurotransmitter yang memainkan peran penting dalam sistem saraf pusat dan berfungsi untuk mengendalikan beberapa gerakan tubuh dan emosi manusia.

Jadi apa yang terjadi jika dopamin tidak berfungsi secara optimal pada kita? Tentu saja ini akan berdampak negatif, seperti kesulitan kita berkonsentrasi, melakukan gerakan yang tidak terkontrol alias mengalami getaran, atau mengendalikan kegembiraan dalam diri kita sehingga suasana hati kita menjadi buruk.

5. Meminimalkan Risiko Penyakit Kolesterol

Siapa yang tidak kenal penyakit kolesterol? Dalam kondisi normal, kadar kolesterol seseorang berada di kisaran 160-200 mg dan dianggap berlebihan jika kadar kolesterol kita melebihi 240 mg. Lalu kapan kita mengerti jika kadar kolesterol kita tidak normal?

Ada beberapa gejala yang mempengaruhi kita dengan penyakit yang satu ini, yang meliputi mengalami sakit leher dan punggung, tubuh sangat lelah, sering mual dan muntah, dan lain-lain. Lalu apa yang akan kita lakukan untuk mencegah kolesterol yang satu ini?

Jawabannya adalah mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya adalah ikan rebus. Pindang memiliki lemak tak jenuh, yaitu lemak tak jenuh yang berfungsi meningkatkan kadar HDL, alias mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat.

Manfaat lemak jenuh dan tak jenuh sangat beragam dan salah satunya adalah berfungsi untuk menghindari pembekuan darah dan membawa lemak jenuh kembali ke hati.

6. Minimalkan Risiko Serangan Jantung

Manfaat selanjutnya dari ikan rebus adalah meminimalkan risiko penyakit jantung. Bagaimana bisa? Ikan pindang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi dan seperti yang kita ketahui, manfaat omega 3 sangat beragam untuk tubuh kita dan salah satunya adalah meminimalkan risiko serangan jantung.

Omega 3 berfungsi meningkatkan elastisitas arteri dan mengurangi risiko denyut jantung abnormal (aritmia) dan tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tentunya tidak ada yang mau mudah sakit kan? Tentunya jawabannya tidak ada kan? Sekarang alih-alih mengonsumsi berbagai suplemen yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh kita, ada baiknya kita mengubahnya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami.

Sama-sama berfungsi untuk meningkatkan kekebalan kita – dan salah satunya adalah dengan makan ikan rebus. Bagaimana bisa? Ikan rebus memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, di mana salah satu manfaat vitamin A bagi kita adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam sehari, kita harus membutuhkan 7 mg vitamin A dan jika tidak terpenuhi maka cenderung terjadi sejumlah kelainan, seperti tubuh kita yang rentan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan mata.

Demikian tadi informasi tentang cara membuat ikan pindang dan beberapa manfaatnya, semoga dapat bermanfaat untuk Anda, Sekian dan terima kasih.